Translate

Senin, 13 Mei 2013

Tips Berbicara Efektif

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF
Kemampuan berbicara sangat penting dalam kegiatan bekerja maupun kehidupan sehari-hari. Selain kualitas pesan yang disampaikan, cara berbicara pun patut diperhatikan, karena itu kan mencerminkan kepribadian kita sebenarnya, agar karier dan hubungan personal berhasil kita harus menguasai 8 langkah bicara efektif.



1. Sebelum bicara,pikirkan dulu apa yang ingin disampaikan,rangkai kata-kata sebaik mungkin agar pesan anda mudah dicerna oleh lawan bicara ,bertuturlah dengan gaya bahasa yang pantas, santun dan berbasa-basilah seperlunya.
2. Saat berbicara, sesuaikan volume dengan kondisi lingkungan ,jangan terlalu lirih,tetapi tidak juga terlalu keras bila anda duduk berdekatan.
3. Perhatikan nada suara anda ,usahakan berbicara dengan nada bervariasi,dan sesekali diselingi humor tanpa menyinggung pribadi seseorang, nada yang monoton akan membuat perhatian lawan berbicara teralih dari fokus pembicaraan atau kemungkinan terasa bosan.
4. Sesuaikan kecepatan bicara dengan kondisi dan kepentingan, jangan bicar terlalu cepat didepan umum ,karena bisa jadi maksud anda tak tercerna dengan baik,berdiskusi di telepon yang sistematis dan tidak berlambat-lambat.
5. Perhatikan siapa yang diajak berbicara ,dalam suasana apa ,dan sebagainya,ini penting terutama bila urusannya dengan pekerjaan.
6. Saat berbicara perhatikan bahasa tubuh,anda dapat duduk atau berdiri tetapi yang pasti tatap mata lawan bicara agar ia dapat menangkap kesungguhan anda,meski sepele efeknya sangat besar,ketahuilah sungguh tidak sopan jika tengah berbicara mata memandang ketempat lain.
7. Gerak tangan dan tubuh serta ekspresi wajah yang tepat akan membantu menyampaikan maksud pembicaraan anda. 8. Bila tidak sedang berbicara di depan umum lakukanlah pembicaraan dua arah ,artinya saling merespons,dengan menyampaikan argument untuk menghasilkan buah pembicaraan yang positif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar