Translate

Senin, 07 Mei 2012

PERBEDAAN COD dan BOD

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF

Chemical Demand Oxygen (COD)
            Chemical Oxygen Demand (COD) adalah jumlah oksigen (mg O2) yang dibutuhkan untuk mengoksidasi zat-zat organis yang terdapat dalam 1 ml sampel air, Merupakan jumlah kebutuhan oksigen dalam air untuk proses reaksi secara kimia guna menguraikan unsure pencemar yang ada. COD dinyatakan dalam ppm (part per milion) atau ml O2/ liter. di mana pengoksidasi K2Cr2O7 digunakan sebagai sumber oksigen terlarut.
BOD (Biochemical Oxygent Demand)
BOD adalah suatu analisa empiris yang mencoba mendekati secara global proses mikrobiologis yang benar -benar terjadi dalam air. Menunjukkan jumlah oksigen terlarut
yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk menguraikan atau mengoksidasi bahanbahan buangan di dalam air
 Pemeriksaan BOD diperlukan untuk menentukan beban pencemaran akibat air buangan dan untuk mendesain

            Analisis BOD dan COD dari suatu limbah akan menghasilkan nilai-nilai yang berbeda karena kedua uji mengukur bahan yang berbeda. Nilai-nilai COD selalu lebih tinggi dari nilai BOD. Perbedaan di antara kedua nilai disebabkan oleh banyak faktor seperti bahan kimia yang tahan terhadap oksidasi kimia, seperti lignin ; bahan kimia yang dapat dioksidasi secara kimia dan peka terhadap oksidasi biokimia tetapi tidak dalam uji BOD 5 hari seperti selulosa, lemak berantai panjang atau sel-sel mikroba dan adanya bahan toksik dalam limbah yang akan menggangu uji BOD tetapi tidak uj COD.
Walaupun metode COD tidak mampu mengukur limbah yang dioksidasi secara biologik, metode COD mempunyai nilai praktis. Untuk limbah spesifik dan pada fasilitas penanganan limbah spesifik, adalah mungkin untuk memperoleh korelasi yang baik antara nilai COD dan BOD.
Perbadaan lain
BOD
-------  = 1 - Y(COD)             Thus, BOD selalu < COD
COD
Untuk menghitung kapasitas aerasi, Direksi akan menjadi parameter yang cocok, karena itu langsung berkaitan dengan konsumsi oksigen. Tetapi dalam hal lain Uji COD lebih handal daripada hasil BOD, sehingga populer digunakan bCOD sebagai beban organik untuk desain pabrik pengolahan biologis.

Sumber:
Jurnal analisis teknologi pengolahan limbah cair pada industri tekstil
Dan jurnal limbah air tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar