Translate

Selasa, 29 Mei 2012

Peta Kerja

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF
 Peta kerja adalah suatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas. Lewat peta-peta ini kita bisa melihat semua langkah atau kejadian yang dialami oleh suatu benda kerja dari mulai masuk ke pabrik (berbentuk bahan baku), kemudian menggambarkan semua langkah yang dialaminya, seperti: transportasi, operasi mesin, pemeriksaan dan perakitan, sampai akhirnya menjadi produk jadi, baik produk lengkap atau merupakan bagian dari suatu produk lengkap.
Fungsi peta kerja adalah menganalisa suatu pekerjaan, sehingga dapat mempermudah dalam perencanaan pernbaikan kerja. Peta kerja kerja dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kegiatannya yaitu peta kerja keseluruhan dan peta kerja setempat. Peta kerja keseluruhan merupakan suatu peta kerja yang didalamnya melibatkan sebagian besar atau semua fasilitas yang diperlukan untuk membuat produk yang bersangkutan.macam-macam peta kerja keseluruhan menurut kegunaanya terdiri dari peta proses operasi, peta aliran proses, dan diagram alir. Peta kerja setempat merupakan suatu peta kerja yang didalamnya hanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas.
Melalui peta kerja kita bisa mengetahui secara jelas proses atau kejadian apa saja yang dialami oleh benda kerja mulai dari bahan masuk pabrik hingga proses  operasi, pemeriksaan, transportasi, hingga proses penyimpanan bahan jadi baik itu berupa produk lengkap ataupun bagian dari produk lengkap. Apabila dilakukan studi yang seksama tentang peta kerja, maka perbaikan sistem kerja dapat dengan mudah dilakukan. Perbaikan tersebut adalah Menghilangkan proses yang tidak perlu, Menggabungkan proses yang bisa dilakukan secara bersamaan,  Mengurangi waktu menunggu. Pada dasarnya semua perbaikan tersebut bertujuan untuk mengurangi biayaproduksi secara keseluruhan, sehingga peta kerja merupakan alat yang baik untuk menganalisis suatu pekerjaan sehingga mempermudah dalam perencanaan perbaikan kerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar