Translate

Rabu, 27 Juni 2012

AKAR WANGI

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF

1. Potensi Akar Wangi
            Akar wangi(Vitiveria zizanioides (L,) memiliki cirri sebagai berikut;
Rumput menahun, tinggi dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, bentuk pita, ujung runcing. Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasuk akar serabut berwarna kuning. Pemanfaatan akar wangi yaitu pada akar dan minyak atsiri yang terkandung.
Tanaman akar wangi dijumpai di Garut (daerah penghasil utama minyak akar wangi), Wonosobo, Pasuruan dan Lumajang. Ditanam dengan system monokultur atau tumpangsari. Toleran tumbuh di ketinggian 500 – 1.500 m dpl, curah hujan 1.500 – 2.500 mm per tahun, suhu udara lingkungan 17 – 27o C . Membutuhkan sinar matahari yang cukup dan lahan terbuka atau tidak terlindung oleh tanaman lain. Kondisi lahan terbaik adalah tanah berpasir atau daerah aliran abu gunung berapi pada lereng-lereng bukit karena akar tanaman akan mudah dicabut pada saat panen sehingga akar tidak ada yang tertinggal. Waktu penanaman setiap saat sepanjang tahun, namun yang terbaik adalah di awal musin hujan. Pemangkasan dilakukan pada saat usia tanaman 6 bulan untuk meningkatkan hasil sampai 10 %. Pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman berumur 8 bulan, namun untuk memperoleh jumlah akar yang maksimum dan mutu minyak yang tinggi maka pemanenan sebaiknya dilakukan setelah tanaman mencapai umur 14 bulan – 16 bulan. Jika terlalu tua maka kandungan minyak atsiri akan mulai menurun. Hasil panen per hektar rata-rata sekitar 15 - 20 ton basah.

2. Gambar


3. komposisi kimia dan zat aktif
         Akar wangi sangatlah bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan tubuh karena dalam akar wangi terkandung berbagiai komponen. Pada akar terkandung : Minyak atsiri, hars, dan zat pahit. pada Minyak terkandung: Vetiverin, vetiveron, veton, dan vetivazulen.

4. Manfaat akar wangi
         Penyakit Yang Dapat Diobati oleh akar wangi yaitu Khasiat Diaforetik  dan pemnfaatan akar wangi berguna untuk pencegahan bau mulu (obat kumur), rematik(obat luar) ,aroma wangi yang cirri khas yang biasa terkandung dalam sabun dalam merk tertentu. Akar wangi juga berfungsi sebagai bahan keterampilan sepert hiasan dinding/meja, taplak meja, vas bunga, tempat lilin, sajadah, dekorasi dan produk kreatif lainnya. Akar wangi juga merupakan salah satu alternatif untuk mencegah erosi. walaupun akarnya kecil, namun akarnya dapat sangat lebat dan sangat panjang. hal ini yang menjadikan akar wangi sangat kuat untuk menjadi penahan erosi. selain itu, waktu tumbuh akar wangi yang lebih cepat daripada pohon juga merupakan salah satu faktor mengapa akar wangi dapat dijadikan penahan erosi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar