Translate

Selasa, 26 Juni 2012

KESADARAN PELANGGGAN

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF
1. Kesadaran Pelanggan 
Kesadaran pelanggan mempengaruhi keputusan pembelian terhadap suatu produk. Dimana pelanggan lebih memilki persepsi sendiri-sendiri. Seperti pelanggan lebih mengutamakan pada produk yang memperhatikan lingkungan atau kualitas mutu. Dari sini produk yang memiliki kriteria tersebut memiliki pelanggan yang fanatik terhadap merknya. Sehingga pelanggan cenderung memilih merk yang sudah terbiasa dipakai dibandingkan merk lain meskipun cenderung lebih murah. Hal ini lah yang menjadi kemenangan pasar,dimana mainsite konsumen sudah dipatenkan oleh sebuah merk yang sudah dikenal. 
Contohnya air minum merk aqua. Aqua merupakan brand yang sudah sangat dikenal pasar. Aqua mempromosikan merknya melibatkan kesadaran lingkungan sehingga konsumen lebih percaya akan keamanan produk dan ikut melestarikan lingkungan. Sehingga air minum merk aqua sudah menjadi merk yang dikenal dan merk yang dipercaya. Sehingga meskipun ada air minum merk lain dengan harga lebih murah atau lebih mahalpun tidak mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli yang lain.
2. Kepekaan Pelanggan 
Kepakaan pelanggan terhadap suatu produk itu biasanya bisa dilihat dari laju pembelian dan jumlah pembelian, dimana semakin tinggi harga suatu barang maka pelanggan cenderung membeli produk lain yang lebih murah atau dengan mengurangi jumlah barang yang dibeli. Dan sebaliknya semakin menurunnya harga pelanggan membeli produk  dengan jumlah yang lebih dari biasanya. 
Contoh: harga beras rojolele mengalami kenaikan sehingga pembeli membeli  beras lain atau tetap membeli rojo lele dengan mengurangi kuantitas yang dibeli. Sebaliknya harga rojo lele mengalami penurunan , pelanggan membeli dalam kuantitas lebih dari biasanya. Kepekaan pelanggan biasanya terhadap harga dari produk yang biasa dibeli. 
3. Keselarasan Pelanggan 
Keselarasan pelanggan adalah selaras antara kebutuhan pelanggan dan tujuan dari produk yang akan dibeli. Keselarasan itu lebih terhadap pelanggan membeli produk yang memenuhi kebutuhanya.selaras disini adalah sama atau melengakapi ,pelanggan menginginkan suatu produk dengan spesifikasi tertentu dan fungsi tertentu, produk yang dibeli adalah produk yang dapat memenuhi spesifikasi dari produk yang diinginkan. 
Contoh: Keselarasan pelanggan dan produk yang dibeli. Pelanggan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan . fungsi produk tersebut sama dengan kebutuhan pelanggan. 
4. Kemitraan Pelanggan 
Kemitraan pelanggan adalah pelanggan menjadi bagian dari produk tersebut. Pelanggan menjadi penilai dari produk kita. Pelanggan memberi masukan atas produk yang biasanya dibeli. Jika ada keluhan produk pelanggan tidak langsung pindah ke produk lain tetapi mengadukan keluhanya kepada customer service yang biasanya dicantumkan pada kemasan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar