Translate

Rabu, 28 Maret 2012

Cara Menghilangkan Rasa Pedas diMulut, Lidah & Bibir Akibat Cabe

Print Friendly and PDFPrintPrint Friendly and PDFPDF
Bagi orang-orang yang tidak kuat makan yang pedas-pedas, terkena zat kapsainin yang di dalam cabe akan membuatnya kepedasan. Rasa pedas yang ditimbulkan oleh makanan atau minuman pedas adalah efek dari otak kita yang merespon bagian tubuh tertentu yang terkena kapsainin untuk merasa seperti terbakar. Ada rahasia cepat dan mudah mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa pedas di mulut, bibir, lidah atau bagian lain yang terkena zat kapsainin.


Menurut ScienceDaily, capsaicin pada tanaman cabai berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap predator alami. Ini adalah senyawa yang menyebabkan rasa terbakar dan panas saat disentuh atau dimakan.
Untuk menghilangkan atau mengurangi rasa kepedasan karena telah memakan sambel cabe tidak bisa dengan menggunakan air putih, air dingin, air jeruk, air kopi, air panas, dan lain sebagainya.Anda tak perlu khawatir, berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa panas akibat makan cabai:

1. Antasida
Langkah pertama mengatasi rasa sakit akibat cabai adalah mengonsumsi antasida. Ikuti instruksi yang disediakan pada produk antisida yang Anda gunakan dengan dosis yang tepat. Menurut situs FamilyEducation, antasida adalah cara paling umum untuk mengobati sakit maag yang berhubungan dengan makanan pedas.

2. Minum susu
Minum setengah cangkir susu dapat membantu menetralkan pembentukan asam dari makan makanan pedas. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak minum terlalu banyak karena bisa semakin mengiritasi perut, cukup setengah cangkir saja.
Kemudian duduk dalam posisi tegak selama minimal 30 menit setelah menelan cairan.

3. Berbaring Berbaring atau istirahatlah dalam posisi tegak.
MayoClinic.com melaporkan bahwa mengangkat kepala menempatkan gravitasi bekerja pada tubuh. Berbaring dengan bantal di bawah tubuh bagian atas, sehingga kepala Anda setidaknya 15-20 cm di atas kaki. Berbaring dalam posisi ini setelah makan cabai dapat membantu meringankan rasa panas di perut.

TAMBAHAN:
Menghilangkan rasa kepedasan yang tidak tertahankan dilakukan dengan cara makan atau minum yang berlemak atau berminyak. Selamat mencoba semoga berhasil meredakan/mengatasi rasa pedes yang tidak tertahankan lagi.
Nah, kalau versi saya sendiri untuk mennghilangkan rasa pedas cukup dengan meminum air hangat yang hampir mendekati panas+ROKOK. Konyol memang, tapi saya sudah membuktikannya sendiri. Dan cara ini paling ampuh. . .He.he.he !!!!

3 komentar:

  1. yg terakhir tidak dapat dipercya gan :D
    masak ane mesti ngrokok :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan bisa minum yang hangat hangat...
      kalo pengen ngrokok juga g papa :-D

      Hapus